Header Ads

Kerajinan Hiasan: Pita Kain perca


Bu Inuk Kurniatri, salah satu orang yang kreatif memanfaatkan peluang dan waktu senggang. Pengrajin pita kain perca ini menghasilkan produk limbah kain dalam bentuk pita aneka macam dan rupa.


Bertempat di rumahnya di jalan Bandarejo 3 RT 05 RW 05 Sememi, Benowo, Surabaya, Jawa Timur ini, beliau dengan tekun dan telaten memproduksi pita dagangannya. Pertama kali menghasilkan dan menjual pita hasil kreasinya, dalam seminggu hanya separuh dari target. Target awal penjualan 30 tetapi hanya terjual 15 saja. Setelah membuat beberapa model baru, jepit pita ini mulai terjual banyak. Hingga saat ini jepit pita ini banyak pemesan dan pembelinya.

Bahan baku untuk memroduksi pita kain perca ini tidak ribet, hanya terdiri atas jepit besi warna hitam, kain perca dan pita warna-warni. Alatnya pun sederhana, hanya gunting dan lem tembak saja. Cara kerjanya juga tidak njelimet. Awalnya, kain perca dipotong persegi sambil panaskan lem tembak dengan menancapkan kabelnya pada stop kontak, lalu bentuk kain perca menyerupai pita, langkah selanjutnya potong pita warna-warni sesuai ukuran dan tempelkan pita warna-warni yang sudah dipotong ke kain perca yang sudah berbentuk pita menggunakan lem tembak. Setelah pita sudah jadi tempelkan pita pada jepit besi menggunakan lem tembak yang sudah dipanaskan. Jepit pun siap untuk dipasarkan, tapi terlebih dulu dikemas dengan plastik transparan.

Pita kain perca buatan bu Inuk ini dipasarkan secara langsung ke konsumen baik itu tetangga kanan kirinya maupun kenalan jauh. Selain dipasarkan secara langsung, bu Inuk juga menawarkan produknya secara online dengan menggunakan social chat macam BBM dan Whatsapp. Produk dengan model terbaru dipajangnya sebagai profile picture.

Anda tertarik dengan pita kain perca yang murah meriah dari Bu Inuk? Silakan kontak beliaunya di rumahnya.

=====
Reporter: Dennies Aditya A., Husain Abudrrahim, Intan Martiningtyas, Irani Prastika Dewi, Josephine Aprilia
Editor: Gempur Abdul Ghofur

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.