Header Ads

Kerajinan Selambu Kerang Surabaya

 
Kerajinan Selambu Kerang Surabaya merupakan salah satu usaha kecil (kerajinan) yang digeluti oleh Ibu Yanti yang tinggal di wilayah Surabaya bagian utara. Tak heran jika usahanya berkutat di kerang karena lokasi tempat tinggalnya yang tak jauh dari pesisir pantai Kenjeran Surabaya.

Berlokasi di Sidotopo Wetan Dalam 2 nomor 91 Surabaya, Ibu Yanti dibantu tetangga dekatnya menghabiskan waktu luangnya memroduksi selambu/tirai kerang. Bahan bakunya berasal dari limbah kulit kerang dan keong yang dirangkai dengan senar. Beralatkan gunting dan berbekal keterampilan sederhana merangkai kerang, Ibu Yanti dan kawan-kawannya mampu menjadikan limbah kerang yang mudah didapat di sepanjang pesisir pantai Kenjeran ini menjadi sumber ekonomi keluarga.

Bagaimana bahan kerajinan selambu/tirai kerang ini didapatkan, mudah bagi Ibu Yanti untuk mendapatkannya. Mencari saat pantai sedang surut dan diambil kulit kerang yang tersisa dipesisir pantai yang sudah tidak ada isinya.

Ibu Yanti ini menjual hasil kerajinan di daerah sekitar pantai kenjeran (lama) dengan target pasar pengunjung wisata pantai kenjeran yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah Kota Surabaya.

Cara membuat kerajinan tirai/selambu kerang dibilang sangat mudah. Kerang yang dikumpulkan dicuci hingga bersih  lalu dpisahkan sesuai dengan bentuk dan ukurannya. Lalu, potong senar sesuai dengan panjang yang diinginkan kemudian senar dimasukkan ke dalam kerang satu persatu (biasanya dalam 2 meter senar berisi 180 biji). Setelah terangkai, tirai kerang tinggal dipajang untuk contoh. Harga kerajinan Selambu Kerang yang dipasarkan bervariasi, rata-rata di kisaran 30.000 rupiah.

Ibu Yanti memilih kerajinan selambu/tirai kerang ini karena rumah beliau yang dekat dengan pantai. Potensi yang berada di sekitar pantai, melihat limbah kulit kerang/keong yang berserakan di pesisir pantai hingga akhirnya beliau memutuskan untuk membuat kerajinan dari limbah kerang tersebut.

Awalnya beliau hanya membuat kerajinan selambu kerang kemudian berkembang dari beberapa permintaan konsumen untuk membuat kerajinan yang lebih kreatif, hingga akhirnya beliau membuat bros, asbak, freme, gantungan kunci.

Tertarik dengan  kerajinan selambu kerang? Segera saja temui Ibu Yanti di rumahnya atau di Pantai kenjeran lama Surabaya.

__________________
Tim Survey: Avissya Diaksa, Erika Bela, Ifa Titania, Jingga, Wahyu NA.
Editor: Gempur Abdul Ghofur


 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.