Header Ads

Kerajinan Tangan Rajut, Manukan Lor, Surabaya


Di tangan ibu rumah tangga yang satu ini, jarum dan benang bol disulap menjadi hasil kerajinan tangan yang cantik. Beliau adalah Ibu Yuyun , berusia 46 yang tinggal di Jl. Manukan Lor 3E/25 Surabaya.
  

Dalam wawancara yang kami lakukan, beliau menuturkan bahwa telah belajar merajut sejak duduk di bangku SMA, dan lama-kelamaan kegiatan tersebut menjadi suatu kegemaran. Awalnya memang hanya dijadikan kegemaran untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah. Namun, sejak kira-kira satu tahun lalu  Ibu Yuyun mencoba peruntungan dengan  menjual barang hasil rajutannya.
Barang hasil rajutan Ibu Yuyun antara lain tas, tepak pensil,dompet, baju tempat tisu, baju galon, hingga bros. Bahan dan alat yang diperlukan untuk membuatnya antara lain benang, jarum, resleting, foring (untuk tas dan tepak), lem tembak, serta cemiti  untuk bros. Ibu Yuyun membuat rajutannya dengan cara manual melaului tangannya yang lihai serta ide-ide kreatifnya tanpa dibantu dengan alat modern satupun, sehingga hasilnya sangat rapi,bagus dan awet.


Barang –barang hasil rajutan Bu Yuyun dijual kepada warga sekitar serta teman-teman beliau, serta pernah dipasarkan online lewat akun instagram putrinya. Nah kalau masalah harga murah meriah ni, berkisar antara Rp5.000,00 – Rp160.000,00 dan tergantung kerumitan serta ukuran dari pemesan. Cocok dan ramah di kantong kan, harganya sebanding dengan proses pembuatannya yang rumit sertamemererlukan waktu yang agak lama.

   
Penasaran dengan barang-barang rajutan karya tangan ibu Yuyun? Bisa hubungi di nomor telp. 081330688535 atau datang langsung ke rumah beliau dengan alamat Jl. Manukan Lor 3E/25 Surabaya.

=====
Wawancara: Bella Sagita Sari, Fani Nur Azizah, Mirza Aprilia, Rina Dwi Putri, Vina Alvianti Nabila 
Editor: Gempur Abdul Ghofur

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.