Header Ads

17 Tahun Menekuni Kerajinan Rotan, Bapak Sriyono Tetap Semangat


Bapak Haji Sriyono nama pemilik usaha kerajinan rotan. Beliau berusia 56 tahun yang masih semangat untuk bekerja menghasilkan karya-karya rotan ini. Tidak jauh dari sekolah kita untuk menuju ke tempat beliau, kurang lebih 20 menit sudah nyampai ke tempat beliau. Ya, bertempat di Desa Palem Watu Menganti, Gresik.


Kehadiran kami disambut sangat ramah oleh beliau. Istrinya pun juga baik menyambut kehadiran kami ketika ingin mengetahui kerajinan rotan lebih dalam lagi. Pembuatan kerajinan rotan ini di samping halaman rumahnya, jadi beliau bisa mengawasi langsung jalannya pembuatan hasil rotan tersebut dan mengawasi karyawannya.

 

Ternyata beliau mendapatkan rotan tersebut berasal dari pabrik yang berada di Ngasinan dan Margomulyo. Rotan tersebut sudah diolah oleh pabrik tersebut. Jadi Bapak Sriyono tinggal mengolah rotan tersebut menjadi sebuah kursi, parcel, rak buku dan lemari. Beliau hanya membuat sebuah produk jika ada pesanan saja, jika tidak ada pesanan beliau tidak membuatnya.

 
Dan ternyata, hasil olahan rotan tersebut dikirim ke Jepang selama beberapa tahun ini. Dan sudah 4 tahun ini, minat Jepang agak menurun, jadi beliau hanya membuat kerajinan apabila ada pesanan dari lokal.

 

Pendapatan yang dihasilkan pada saat beliau ekspor di Jepang cukup lumayan. Tetapi itu berlangsung secara terus menerus melainkan hanya empat bulan dalam setahun selebihnya produksi disuplay untuk kebutuhan lokal seperti keranjang buah, parcel, rak buku, vas bunga dll.



Jadi bila beliau tidak sedang mengekspor ke luar negeri, beliau hanya memenuhi permintaan lokal. Dan membuat kerajinan rotan secara terus menerus. Dilihat usia beliau yang sudah tua, tapi semangat beliau tetap muda!

Tertarik dengan kerajinan rotannya? Kontak beliau di desa Pelem Watu gang Sapu Jagad, Kelurahan Pelemwatu, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Atau kontak di nomor beliau 081332712030.

=====
Reporter: Agista Prisilia A., Dina Aprinia, Akhmal Alamsyah, Sutarita Krismonica O., 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.