Header Ads

Peluang Kerajinan Gelang Rajut dari Tali Kur


Gelang rajut atau yang biasa populer di Surabaya Barat dengan nama gelang anak di kalangan usia taman kanak-kanak sampai anak sekolah dasar saat ini lumayan digemari, itu salah satunya karena terbentuk dari benang warna-warni. Gelang berbahan dasar limbah berupa tali kur ini peminatnya lumayan banyak. Warna-warnanya yang menarik sangat potensial untuk dijadikan ladang usaha, karena selain bahan dasar yang mudah didapat, proses menjadikannya sebagai produk gelang juga mudah.


Jika diamati secara sekilas, produk ini (gelang rajut) sebenarnya sudah lama, pasang surut, kadang ada kadang tidak, tapi bisa terus laku di pasaran. Jika ada modifikasi terhadap produkini dari sisi desain, bisa jadi akan bertahan. Modifikasi bisadilakukan dengan cara mengubah bentuk dan fungsi atau mengkombinasikannya dengan bahan lain. Misalnya, memodifikasinya menjadi aksesoris lain seperti kalung, cincin, gantungan kunci, juga gantungan untuk telepon genggam.

Pengembangan produk gelang rajut  ini selain modifikasi bentuk dan fungsi, yang paing mendasar dan telah dilakukan adalah variasi warna, awalnya hanya satu warna lalu berkembang menjadi beberarapa warna. Pengembangan lainnya adalah dengan mnambahkan atau dikombinasikan dengan bahan lain contohnya mutiara. Hasil pengembangan atau modifikasi produk lainnya adalah dengan membuat gelang yang bermacam-macam jenis kepangannya.

Untuk pembuatan salah satu jenis gelang rajut yang ada, bahan yang diperlukan hanyalah Talikur, korekapi, dan plastik. Alat yang dibuthkan hanya gunting saja. Sementara cara membuatnya tergolong sangat mudah. Silangkan 4 buah tali kur dengan 2 tali dari dua warna, contohnya biru dan hijau. Gabungkan semua tali tersebut dengan cara mengikat bagian atasnya. Tempelkan di atas meja menggunakan selotip agar lebih mudah mengikatnya. Ambil tali yang berwarna hijau lalu ikat pada tali yang berwarna biru. Selanjutnya ikatkan juga tali biru pada tali hijau. Lakukan terus ikatan tersebut secara bergiliran hingga mencapai ukuran yang dikehendaki. Jika ada serat-serat tali yang berserakan/kurang rapi, rapikan dengan membakarnya menggunakan korek api.

Secara umum, produk gelang rajut atau gelang anak ini sangat potensial untuk usaha bagi pemula, karena memiliki peminat yang cukup banyak dengan resiko kerugian yang minimal. Oleh karenanya, modifikasi/pengembangan produk sangat diperlukan untuk keberlangsungan kerajinan ini. baik dari perubahan bentuk dan fungsi, cara pengemasan, cara pengepakan, juga cara pemasaran. 

Untuk pengemasan dan pengepakan bisa menggunakan design kemasan yang memiliki ciri khas dan dapat menarik simpati konsumen. Sedangkan untuk cara pemasaran, pengrajin atau calon pengrajin bisa mencoba untuk merambah pada ranah online, karena tidak menutup kemungkinan terdapat banyak peminat dari produk ini di luar wilayah Surabaya.

=====
Penyusun dan riset: Amarylis Gita, DwiRamadhania, Nabilah Diva, NahdaNabilah, VindiPronika
Editor: Gempur Abdul Ghofur


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.