Header Ads

Contoh Surat Perjanjian Guru/Sekolah dengan Orang Tua/Murid

Kasus kriminalisasi guru kian marak, beberapa pekan lalu terjadi di Sidoarjo. Berita kriminalisasi ini sebetulnya sudah lama menjadi agenda perjuangan PGRI Sidoarjo di mana pengurusnya melakukan advokasi terhadap guru yang diduga melakukan tindak kekerasan pada muridnya.

Tak ingin terus-terusan berpolemik di kasus itu, mengingat kasusnya berujung perdamaian kedua belah pihak. Perdamaian terjadi setelah si korban yang lebay itu ditolak mendaftar ke beberapa SMA, pihak SMA menolaknya karena sekolah mengetahui calon siswanya bermasalah. Jadi, tak ingin mengambil resiko bermuridkan siswa bermasalah, akhirnya mereka menolaknya.

Kriminalisasi guru sudah meresahkan. Perlawanan guru terlihat pelan tapi pasti. Tidak seperti profesi lain yang cenderung vulgar frontal, perlawanan guru terlihat halus dan di bawah permukaan tapi dampaknya terasa.

Salah satunya, penolakan sejumlah sekolah pada siswa bermasalah. Lalu, penerbitan surat perjanjian antara guru/sekolah dengan orang tua/murid agar kasus pendidikan tidak diselesaikan di jalur hukum, tapi tetap dlm koridor kebaikan.

Salah satu contoh surat perjanjian antara guru dan orang tua murid dapat diunduh di bawah ini. :)

Semoga ke depan tidak ada kasus lagi terkait kriminalisasi guru yang sedang menjalankan tugas mulianya mencerdaskan anak bangsa. Amin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.