Header Ads

Hari Kartini

Siapa yang tak kenal Kartini? Pejuang wanita Indonesia yang terkenal dengan goresan tintanya yang sejuk membuka cakrawala baru bagi perempuan Indonesia untuk mendapat tempat yang lebih layak di semua bidang kehidupan.
Kartini, putri bangsawan Jepara yang meninggal di usia muda yang terkenal dengan surat pena-nya dengan para koleganya di negeri Hindia Belanda. Perjuangan pena-nya lah yang mampu membuka mata elit politik kerajaan Belanda untuk memperlakukan warga Hindia-Belanda (baca: Indonesia) secara lebih baik. Hingga melahirkan kebijakan politik etis.
Kini, Kartini diperingati hari kelahirannya sebagai bentuk penghargaan atas perjuangannya yang nirkekerasan. Perjuangannya melalui tulisan yang menyentuh hati inilah yang layak dikedepankan dalam peringatan Hari Kartini.
Terlepas dari pro kontra yang menjadi polemik penetapan Kartini sebagai ikon perjuangan perempuan, jasanya tetaplah luar biasa. Berbagai ketidakmungkinan yang dihadapinya di tengah dunia yang patriarki menjadikan tulisannya bagaikan tinta emas dalam sejarah perjuangan perempuan Indonesia.
Selamat Hari Kartini.
Habis gelap terbitlah terang.
Mina azh-zhulumati ila annur.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.