Header Ads

Surat Bukti Gadai

Siapa tak kenal dengan slogan: Mengatasi Masalah Tanpa Masalah? Siapa tak kenal dengan Pegadaian? Barangkali hanya anak kecil hingga anak remaja yang tak mengenalnya. Apakah itu berarti semua orang kenal pegadaian? Bisa jadi iya bisa jadi tidak. Tergantung seberapa besar tingkat kepentingannya bersentuhan dengan pegadaian.

Akan tetapi, hampir bisa dipastikan hampir semua orang dewasa di perkotaan atau yang pernah melihat iklan pegadaian tahu betul slogan sakti pegadaian tersebut. Minimal mengenalnya meski belum pernah mencoba menggunakan jasanya.

Surat bukti kredit atau yang biasa dikenal di kalangan ibu-ibu rumah tangga sebagai surat gadai merupakan alat bukti otentik bahwa seseorang memiliki urusan dengan pegadaian. :)

Pada umumnya, rerata pengunjung pegadaian adalah ibu-ibu yang bila membutuhkan dana cepat tunai datang ke pegadaian, membawa sejumlah perhiasan pribadi yang biasa dipakai untuk kemudian dimasukkan ke pegadaian (digadaikan). Jika melihat prosesnya, berdasarkan pengalaman ibu-ibu dan melihat sendiri saat di pegadaian, sangat cepat. Asal bukti otentik yang dibawa sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan, butuh waktu 10-15 menit kelar urusan. Terlebih untuk barang perhiasan yang sudah punya riwayat gadai sebelumnya. Gak butuh waktu lama, uang yang dibutuhkan bisa segera cair.

Proses awal yang cukup memakan waktu bila pertama kali menggunakan jasa gadai adalah menakar kadar nilai barang yang digadaikan lalu tawar-menawar sedikit untuk mencari titik temu antara uang yang dibutuhkan dengan nilai barang yang digadaikan. Paling cepat jika perhiasan yang digadaikan, standar nilai emas jelas ada, berbeda jika laptop atau barang elektronik lain atau kendaraan bermotor. Proses menaksir nilainya dan kelengkapan surat-suratnya butuh proses lama. Persyaratan lengkap yang perlu dibawa untuk gadai barang bisa dilihat di http://www.pegadaian.co.id/pegadaian-gadai.php.

Jangka waktu pengembalian pinjaman uang tunai tergantung dari jenis barang yang digadaikan. Paling mudah ya perhiasan emas yang nilainya tak mudah susut seperti barang elektronik atau kendaraan bermotor. Untuk perhiasan emas, jangka waktu gadai bisa ditoleransi. Maksudnya, bila sudah waktu jatuh tempo pelunasan dan tidak ada uang untuk melunasi, maka datang saja ke pegadaian dengan membawa surat bukti kredit (surat bukti gadai) untuk memperbarui kontrak perpanjangan jangka waktu pengembalian dengan hanya membayar "biaya titip barang" di pegadaian.

Bagi ibu-ibu yang sering kepepet keuangan, proses yang seperti ini sudah biasa dijalani. Tau betul tanpa ba bi bu dengan segala proses yang dijalani. Pernah melihat sendiri, tak butuh banyak waktu, sekira lima menit transaksi selesai. Uang dibawa pulang bersamat surat bukti kreditnya dengan senyum mengembang. Proses lama menunggu itu justru antrinya yang pas jam-jam sibuk gadai. Hehehe.

Pengen mencoba? Silakan saja. Asal jangan bawa cintamu untuk digadaikan. Pegadaian tak mau beresiko dengan pasangamu yang datang melabraknya. Malah bisa kebalikannya, bisa-bisa satpam atau petugas kepolisian siap menghalau anda keluar area pegadaian. Hahahaha.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.